Selasa, 31 Januari 2012

Musibah Gigi Nyokap

(Postingan taon 2010 neh.... O_o )

ijinkan gue sembah kaki nyokap sebelum posting ini gue tulis. sebelum dia tahu, sekali namanya masuk ke blog gue, hacurlah nama baik dia. enjoy.

minggu ini, gue sebut dengan emo weeks. banyak ke-mello-an yang terjadi. mulai dari digrepe guru, ampe kolam  renang. tapi yang paling "nggak-baneg" buat gue, tetep ; keluarga gue bikin gue shock. lagi.

orang bilang sekolah di smada itu banyak seriusnya. buat gue, sekolah di smada itu banyak konyolnya. konyol. totally tolol. gimana ga tolol. kalo keledai aja ga mau jatuh di lobang yang sama 2 kali, gue malah nyebur di empang yang sama 3 kali (penegasan : gue ga bener-bener nyebur empang, itu cuma kiasan).

hari selasa 25 januari bisa jadi selasa terkelabu sepanjang sejarah peradaban dunia kimia. mr. Syam, guru yang paling gue senengin karena gaya mengajarnya yang asyik dan bikin ngerti, siang itu marah besar. ketidakperhatiannya anak-anak monyet di kelas 12 A4 bikin pak Syam jengkol, ralat, jengkel. akibatnya, satu kelas dijarah. satu persatu diberi soal sulit, yang ga bisa jawab bakalan di grepe pake buku tebel sampe bunyi "buk adow". "buk" dari hantaman buku ke punggung dan "adow" jeritan anak monyet kena grepe, ya, kira-kira begitulah bunyinya. gue, sebagai siswa yang sangat 'pandai' menghadapai kimia, tentu saja ....... kena grepe juga. boro-boro bener, mau ngejawab aja terkencing-kencing gue.


rabu besoknya, adalah jadwal les pagi kimia, mr.syam. inget di hari sebelumnya ada gencatan senjata dengan guru satu ini, gue wanti-wanti bener. gue kudhu bangun pagi. gue ga mau kena marah lagi. kalau gue telat, gue bakal terawetkan dalam botol penuh HCl. gue ga mau. akhirnya, gue pun terbangun di pagi hari yang gerimis itu. mempersiapkan segala sesuatunya dan hadir di smada tepat 5 menit sebelum les pagi dimulai. yang gue ga inget waktu itu, PAK SYAM HARI INI BERHALANGAN HADIR. perjuangan gue, berakhir nista. yang bisa gue salahkan saat itu adalah kemampuan mengingat gue yang setara ama ikan lele goreng lalap sambel.

and here i am. pagi buta di smada. ngapain nihhh!!!! *benturin kepala ke tembok.

Next day, kamis paginya, Mom Emi session. semua siswa tahu, bagi mom Emi, 5 menit terlambat artinya belajar diluar. gue tentu ga mau belajar diluar. akhirnya, gue berangkat pagi-pagi banget, and the shit happening, MOM EMI BERHALANGAN HADIR MENDADAK. kali ini, satu keas gondok.

And here we are. pagi buta di smada. ngapain nihhh!!!! *benturin kepala ke tembok massal.

dan ini dia, jum'at pagi. hypnoless bagi kelas gue. dimana dunia fisika yang sejatinya menarik dan menantang menjadi sangat membosankan. bukan karena ga ada gambar ayu ting ting di buku paket fisika. itu memang faktor tapi bukan itu masalahnya. jadi, masalahnya, ketika seudah Mr.A, pengajar mapel fisika gue pegang mic (meski ga pernah ada mic di ruang fisika), dapat dipastikan 31 dari 33 siswa di kelas gue bakalan ngantuk berat. yang satunya lagi pasti udah ngiler di pojokan kelas dan yang satu lagi dirujuk ke UKS terdekat. tapi apa yang gue lakuin di hari jum'at 25 jan 2012 adalah tidak yang seharusnya. gue bangun 6.15. astaganagabonarjadi2. gue telat. mana jam pertama hari itu pas jam fisika pula.

gimana nihhh!!!! *dibenturi ke tembok ama pak A

nah, tu kan, betapa kehidupan SMA gue berlalu layaknya Tapir
*ketip-ketip


dan berita sendu (seng duablek) datang di jum'at siang itu juga. pas pulang sekolah, sebelum pergi ke masjid buat ketemuan sama Allah, hape gue berbunyi, dari bunyi ayam jago lagi berkruyuk gue tahu, itu sms. ternyata dari abang gue.

SmsAbangGue : dek, kamu ada dimana?
SmsBalesanGue : di skul, kenape? jadwal sibuk, jangan ganggu hari-hariku lagi bang.
SAG : udah gila ya?. mama hari ini ke lumajang, tadi siang berangkat bareng bu lek (tante), kamu temuin gih
SBG : hah? ngapain mama ke lumajang? ga biasanya
SAG : tadi pagi ada musibah kecil. biar mama tenang dulu di Lumajang.
SBG : hae? musibah apaan bang?
SAG : uhm, tanya mama langsung aja, ga tega q ceritanya, kasian mama. mungkin mama nanti nginep, q suruh mama tenangin diri dulu.

jleb, sms dari abang gue cukup bikin gue mikir. ada apa? kenapa mama gue ke lumajang? nginep segala. musibah apa yang udah terjadi di rumah?.
gue tahu nyokap gue, meski nyokap parnoan, dia ga mungkin lari sampe ke lumajang hanya gara-gara kuku jarinya patah, atau sinetron Cinta Anugerah tamat. gue ga bisa bayangin, nyokap gue nyampe di Lumajang, mata nanar sambil meluk gue "dek, kuku mama patah dek, KUKU MAMA UDAH PATAH, mama makin tuaa....aaa....aaaa". ato dengan histeris nangis-nangis di depan bu lek Har "Har . . . . Nabila Har, Nabila dah ga akan pernah ada lagi Har, ga akan pernah, dia udah bahagia dengan Nugi, CINTA ANUGERAH TAMAT HAR.....". engga, mamaku ga se mello itu.
gue tetep ga habis pikir. apa papa nelpon marah-marah lagi? apa rumah kita kebakaran? ato yang paling buruk, mungkinkah, nenek gue, NENEK.........!!

gue tanya lagi ke abang gue
SBG : bang, ada apaan sih, ga asik banget deh
SAG : ga ada apa-apa dek. kamu belajar aja yang bener. jangan mikir macam-macam
SBG : bang.....
SAG : GA ADA APA-APA DEK

surat meyurat siang itu berakhir penuh emoticon :-?

resah, habis sholat jum'at gue langsung pulang. dan bener, dikamar bulek Har, ada sosok wanita paruh baya itu terbaring menghadap dinding. gue, makin resah, gue naik ke ranjang dan pegang pundaknya dan gue bilang "Ma.....". dan wanita itu berbalik badan seraya berkata "mamamu di kamar depan". monyet, ternyata itu bu lek Bad.
gue langsung beranjak ke kamar depan, kamar gue, dan disana ada nyokap ama bulek Har. ngapain mereka di kamar gue? jangan-janga emang udah terjadi sesuatu ama keluarga di rumah. gue beraniin diri untuk nanya ke nyokap.

gue : ma, kenapa ma?
mama : (diem doang)
gue : ma, ada apa ma?
mama : (masih diem, geleng-geleng kepala)
gue : ma, ada apa.... kata abang ada musibah di rumah

oh tidak, inilah saatnya, berita buruk akan segera gue denger. akankah gue sanggup mendengar kabar buruk dari mama gue. akankah gue pingsan mendengarnya. akankah anang dan ashanti menikah. yak, ini jawabannya.
mama gue belum ngasih petunjuk apa-apa, Bu lek Har memberikan jawaban itu ke gue

"musibah? musibah apa? mamamu baru aja ganti giginya yang patah, dan kayaknya terlalu berlebihan kita sebut itu musibah"

gue : oh.....

ada hening sejenak
ada ketawa kecil dari nyokap

gue : oh.... (tetep)
lalu satu ruangan ketawa. gila, abang gue emang sinting. ternyata musibah yang kakak gue maksud adalah ini : gigi nyokap patah. ketidak pentingannya level 10. ga lebih penting dari "dek, dikamar abang ada tikus". bener-bener ga penting. meski gratis, gue jadi sedikit ga rela sms.an ama abang gue.....

sorenya, gue putusin pulang bareng nyokap dan bu lek Bad. kita beritga, menggunakan satu beat putih. sangat tidak berperikebeatputihan.

dirumah, cuaca di randuagung serem abis. angin kenceng, hujan deras banget dan gemuruh guntur extra pake kilat. dengan posisi rumah gue yang banyak pohon-pohon gedhe disekitarnya, ini lebih buruk dari skenario bunuh diri.

disuasana chaos kayak gini. gue tentu ga berani menghidupkan tipi di ruang tamu. meskipun gue pengen banget liat gombal-gembel trans tv. tapi gue milih selamet dari cakaran nyokap. yap, nyokap emang parnoan. nyokap bener-bener takut kalau rumah kita kesamber gledek karena ngidupin tipi. bahkan, ketika gue main PS1 pun (tanpa kabel antena atau parabola menyertai) nyokap tetep panik dan minta gue matiin tipinya. nyokap gue salah gaul.

jadi gue mainin laptop gue. dan seharusnya gue tahu, disaat seperti ini, gue ga boleh mancing perhatian nyokap dengan sok berisik nyetelin winamp. wal hasil, nyokap gue datang merazia gue di ruang tamu.

mama : (dengan panik) robh, matiin laptopnya, nanti kesamber gledek loh!! kemarin mama lihat di tipi, komputer teller bank BRI meledak kesamber gledek. ih, ngeri loh.
gue : (dengan sabar) ga mungkin lah ma, kan adek ga pake internet. jadi ga mungkin kesambet.
mama : (tambah sewot) tapi kan tetep aja pake listrik
gue : (tetep sabar) itu ga masalah. tuh lampu juga pake listrik. tapi rumah kita aman aja kan. ga ada gledek yang maen samber.
mama : (ga trima) udah matiin aja kenapa sih. nunggu kesamber beneran ya??
gue : (mulai sewot) tapi ma......
mama : (kalap) MATIIN SEKARANG
gue : *nunduk matiin laptop

ga mau kehilangan nyawa. gue nurut aje.
gue lanjutin malam itu dengan berebahan di kasur gue yang udah lama ga gue jamah. gue ga pulang, dia diem. gue ama yang lain juga dia diem aja. kasur gue emang perhatian.

seiring terus berjalannya kegeblekan di keluarga gue (kesintingan abang gue, parnonya nyokap gue, sampe alien peliaraan rumah), gue mulai berpikir, kayaknya emang garis cerita gue bareng keluarga ini aga mencleng dari jalur kebenaran.

pelajaran penting :
menurut ilmu biologi, sifat diturunkan melalui gen. segala bentuk informasi bentuk rupa, warna mata hingga sifat-sifat non fisis diwariskan melalui bank data yang disebut DNA. akhir-akhir ini, kelas gue lagi sibuk-sibuknya ngebahas tentang pewarisan sifat, hingga muncul skandal Balada Ibor - Fathir, oleh JB (Jabar Brondongku) seperti yang gue ceritain kemarin. namun, satu yang orang jarang tahu, Keunyuan itu diwariskan juga, lho.

well, thats what going on this week.
sebelum posting cerita ini, gue sempet nyari-nyari daleman blog gue (kancut, BH dan sebagainya) siapa tahu ada koment-koment ato tambaha follower. ternyata belum. hihihiii. buat yang udah baca ini, bantu gue nambah racun semangat ya.

next gue bakal nyritain jadwal supersinting gue sebagai MC dan kisah bareng si Adeg. keep watching.

2 komentar:

  1. unyu banget postingannya...
    cuma aq g suka krena lagi2 smpean menyebut JB d postingan ini...
    tpi apik n unyu pol...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makaseeeee...... jangan lupa jadi pengikut ya Assalamualaikum Wr. Wb.!! (iki jeneng asline tah?)

      Hapus