Jumat, 07 Agustus 2015

Paralyze 'Tindihan' Sleep dan Lucid 'Ngeres' Dream

Ini postingan pertama gue pake gadget. Entah kenapa rasanya seperti kencan pertama. Ingin tetep berkesan, jantung berdebar, bibir bergetar, sambalasambaladoo....

Here we go




Gue lagi pengen ngomongin tentang tidur menidur nih. Akhir2 ini gue sering banget tidur. Di meja belajar, di kelas, di tempat tidur. Rasanya cepet banget ngerasa capek dan ngantuk. Apa ini tanda otak gue udah aus ya? Bodo ah. Sekarang yg akan jadi bahasan gue adalah ini : dream logic.

Sebagai anak indonesia yang lahir dan besar di lingkungan jawa-madura yg semrawut moral dan pendidikannya, gue punya pengalaman melewati masa remaja gue dengan sedikit mistis. Salah satu bukti kemistisannya adalah gue saat itu percaya bahwa tindihan diakibatkan oleh tidur dalam keadaan belum mandi, makanya setannya jadi suka sama kita trus nindih deh. Jujur gue ga paham bagaimana teori mistis ini ditemukan. Mungkin, di dunia jin sana, bau sari kringet ketek manusia dipercaya sama semerbaknya dengan bau parfum paris hilton.

Pas udah sekarang gue baru ngerti bahwa tindihan itu namanya sleep palaralyze. Rasanya tuh kita kebangun dari tidur tapi tubuh kita ga bisa bergerak. Dan gue punya pengalaman seru ngendaliin sleep paralyze.

Sebelumnya gue takut banget sleep paralyze atay tindihan. pertama kali gue tindihan, waktu itu gue tidur sendirian, dan ya pintu kamar gue buka, gue ngerasa panik karena tiba2 ngerasa ga bisa gerakin badan gue. Kepala gue juga ga bisa noleh, kayak ada yg sengaja nahan gitu. Saat itu gue cuma berharap tidak ada babi ngepet lagi nindihin pantatnya di kepala gue.

Lebih heboh lagi ternyata gue ga bisa teriak. Gue teriak dan teriak manggik nyokap tapi gue sadar suara gue ga keluar. Kalap, gue baca semua ayat dan surat alquran yg gue bisa. Ga mempan, gue nangis sampe ngompol.

Pas gue sma dan udah berkali2 ngalamin tindihan ini gue memutuskan untuk melakukan sedikit percobaan ilmiah yang gue yakin bisa loe ikutin :

1. Posisikan badan senyaman mungkin
2. Persiapkan badan untuk tidur, tapi pastikan salah satu indra kita bekerja dan terpaku pada satu hal (waktu itu gue manfaatin jam dinding, gue pandangin sambil setengah merem biar bisa tetep merhatiin putaran jarum jam) ( percobaan kedua gue tutup mata dengan telinga tetep dengerin detak jarum jam)
3. Point nomer 2 bisa dibilang cara kita mengikat sebagian kesadaran kita di dunia sadar kita.
4. Setelah terasa sangat relaks dan ngelantur cobalah gerakkan tangan atau kaki.
5. Voila, anda berada di sleep 'tindihan' paralyze

Lihat kan, sleep paralyze sangat mudah dan menyenangkan.

Penjelasan yg paling masuk akal bagi gue adalah : otak kita mengenal yg namanya alam sadar dan alam bawah sadar. Kondisi otak berada diantara kedua alam  itulah saat kita mengalami sleep paralyze.

Tapi kemudian gue nemuin hal yang baru lagi dari sleep2an ini. Namanya lucid dreaming. Kondisi dimana kita sepenuhnya bermimpi (berada di alam bawah sadar) tapi kita bisa mengendalikan mimpi itu dari alam sadar. Untuk yang satu ini ada beberapa tekniknya yg bisa dibaca di indonesianluciddreamer.blogspot.com

Keren sumpah.

Lucid dreamer ngasih bocoran tentang how to lucid dream, yg ternyata ga jauh beda dengan teknik sleep paralyze yg gue jelasin. Hanya saja dibutuhkan kontrol emosi yang lebih kuat karena tingkat kesadaran lucid drean harus lebih sedikit dari sleep paralyze.

Lebih seru lagi, lucid dream ini ada 3 tingkatan. Dari masing2 tingkatan kita bisa ngerqlasain sensasinya yang beda.

Tingkatan pertama loe cuma bisa dapat vision yg jelas dan bisa ngerasain sensasi seperti melayang. Tingkatan kedua loe bisa dapat smell dan sound yg jelas. Tingkatan ketiga semua indera loe efektif bekerja. vision, smell, sound, taste, warm, dan bahkan loe bisa ngerasain sensasi bersentuhan dengan sosok yg kita ciptakan dalam mimpi kita. Cukup dengan pikiran jorokmu itu, anak muda.

Well, Gue udah nyobain lucid dream sekali, dan berhasil. Cukup buat ngobatin kangen gue. ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar