Selasa, 24 Desember 2013

WHEN DECEMBER END

lagi mood buat nulis banget, langsung aja deh

1. mulai dari gue PL 1, dimana lokasi adalah benar-benar gunung, seperti yang udah gue ceritain, kecamatan Dlingo, Daerah Istimewa Yogyakarta. hell men, di daerah seistimewa yogyapun masih ada tempat pembuangan kyak gini. PL1 gue dan kelompok 70 boleh dibilang sukses. semua program yang disusun beres dan tidak perlu dipresentasikan. mengenai laporan, gue amat berterimakasih ama sopel (sobat Pe eL) gue bernama Rinda Viani. dia bak bidadari yang turun ke kelompok 70, sambil menggendong LPJ sebagai anaknya. rinda ini cantik, baik, dan dengan sabar bin telaten mengerjakan tiap kalimat dalam LPJ. makasih ya rinda, maaf LPJnya belum sempet q kirim ke kamu. kamu pasti kangen LPJmu ya? hehehe.

program rampung, LPJ beres, pulang dari PL hati gue tenang. sampai sebuah sms bak kilat yang menyetrum tepat menyambar di ketiak gue. sms dari ibu warung samping kantor desa : "dek, itu temenmu yang namanya #tetot# punya tunggakan pulsa sama mie rebus. juga si ini. dan juga si itu. tolong diingatkan ya dek". respon gue pas baca sms ini : pengen ngelempar tu orang-orang dari jendela bis.

kelompok 70 dan Prambanan













after all, PL1 punya banyak kesan buat gue. ga sabar menuju PL2 :D

2. puasa ramadhan 2013 adalah puasa pertama gue sebagai praja. dan rasanya itu... semriwing. muahahahah

dua minggu pertama puasa gue lakuin di jogja pas lagi PL1. sambil nahan laper dan nahan napas, tiap hari gue pergi ke kantor desa. kerja nge-cat, nge-tik, sampai nge-rampok (loh?). beruntungnya, induk semang gue adalah orang yang sangat baik hatinya. makanan yang lezat setiap buka dan sahur. takjil, es sirup tiap hari. mantap banget. emang induk semang gue terkenal sebagai kepala dukuh yang baik. kepada kami hanya satu pesan dia, kemanapun kami anak asuhnya mau maen, waktu buka dan sahur tetap harus di rumah.

sampai pernah suatu waktu 2 temen gue, Doni dan Rano, enggak pulang pas sahur. paginya gue udah dapet kabar kalo mereka berdua kecelakaan motor vs gapura desa di jalan parangtritis, dan melihat luka yang dialami, gue merasa mereka beruntung masih bisa hidup.

seminggu ketiga gue puasa di jatinangor, dengan diawali dengan jalan jongkok di siang bolong. crap. puasa di ksatriaan itu seru ketika makan subuh-subuh bareng-bareng temen satu angkatan. ya meski ga satu angkatan semuanya sahur sih. tapi seenggaknyaaaaa, sahur di jatinangor untuk bulan ramadhan terasa jauh lebih manis daripada sahur senin-kamis.

aniway gue bangga ibadah di bulan puasa kali ini gue bisa kuat dan ga bolong-bolong. kecuali satu, pas perjalanan pulang cuti gue ke jatim. 1 orang puasa bersama satu bis orang yang tidak berpuasa. gue harus nunggu haji dulu kalo mau kuat nahan godaan sekuat itu. hahaha, guys, you so kampreto.

3. cuti hari raya idul fitri cuma 2 minggu. harus bener-bener dimanfaatin nih. seenggaknya gue harus bisa ikut buka bersama hoscok, dan beberapa undangan buka bersama lainnya. gue masih makhluk sosial yang berteman dengan manusia.

cuti kedua dipikiran gue adalah cuti yang lebih membahagiakan daripada cuti yang pertama. ternyata oh ternyata, same aje. masih aja sering ngumpul yang 'on the spot'. masih sulit ngumpul bareng keluarga. dan masih aja,.. capek.

sekarang gue ngerti, kenapa ada kalimat "air mata itu memang milik muda praja".

yang bagus, cuti kali lumajang XXIII nyempetin bikin foto kab yang ga sempet dibikin pas cuti natal kemaren

Banana City XXIII :D. gundul dan menawan.

















4. gue akhirnya di regionalkan dari kampus pusat. sekarang gue tercatat sebagai praja kampus sumbar. salah satu kampus terbaik, study oriented, kampus IPDN yang diprogramkan khusus untuk jurusan manajemen keuangan daerah. yap, udah kebayang di otak gue nanti isinya cuma ngitungin duit orang. arrghh.

masuk kampus baru berarti berkenalan dengan budaya baru. seperti kata pepatah, dimana bumi dipijak, disitu  BRI buka cabang. kampus baru berarti ruang-ruang yang baru, senior-senior baru, budaya baru, dan yang paling penting adalah selimut baru (serius, adem tenan). untuk menggambarkan budaya baru, mungkin, ada satu kata yang bisa cukup untuk menggambarkan kampus sumbar : belajar. disini beda banget kayak jatinangor. mulai dari pengasuh sampai senior mendukung kita buat bener-bener belajar. buku adalah prioritas disini. ga punya buku, wah, bisa berabe. budaya kakak adik sangat kondusif. dan dari sini, sekarang, setelah beberapa bulan, gue menyadari ada perubahan perasaan gue terhadap angkatan XXIII yang dulunya lebih mirip gerombolan anak TK maen di kolam bebek sekarang jadi punya kedewasaan yang tumbuh begitu mengagetkan. seseorang semakin cepat dewasa saat ia ditempatkan pada posisi orang dewasa.

jatim XXII dan jatim XXIII @ wajan resto, Bukittingi

















good news, menza di sumbar emang bener enak banget dan ga pedes seperti kebiasaan masakan padang. cucol banget deh di lidah gue. terutama, tanggal 4,14,24 pagi, menunya nasi goreng + telur. you hear me? NASI GORENG + TELOR. nyaammmiii.... bundo, tambo cie lah... :D. juga menu menu lain seperti beberapa kali rendang daging dan telur pindang spesial. dan bad newsnya, semua ini telah memancing kemarahan perut gue untuk memberontak dengan binal.


5. gue ketua satuan sekarang. yeah, masih berkutat dengan hal semacam itu. padahal gue pernah mencanangkan tahun tenang robizamzam. ternyata eh ternyata, gue terpilih jadi ketua satuan c madya praja. jumlah anggotanya 40. isinya madya praja angkatan 23 terbaik dan berwawasan luas. diantara semua anggota gue ga pernah ada yang bikin ulah pelanggaran, semuanya tertib dan rajin menabung. kami juara terus lho kalo ada perlombaan. terutama lomba merias wajah.
Satuan C madya Praja. bukan demo BBM

















6. tahun ini, gue tampil di Gelar kreatifitas Madya Praja (GKMP). enggak, gue gak tampil belly dance, gue beat box. yayayay, pertunjukan membahasi mic.

latihannya emang ga gampang, terutama harus nyiptain nada sambil nahan nerveous tampil di depan nindya. gue sampai keteteran tugas gue sebagai wakil ketua panitia gara-gara latihan. akhirnye, toh, kesalahan yang tidak diperlihatkan tidak pernah terlihat. :D


cikibu cikibu cikibbb..... tolong mic ketelen!!


Lagi niruin gayanya Isato






























selain beat box gue juga nari tradisional yang namanya tari pasambahan. ini tarian khusus penyambutan, jadi setiap ada acara penting, gue pasti nari.
Bukan malin kundang

















7. dalam rangka turut mensukseskan program lumajang beriman, gue akhirnya ikut Rohis IPDN Kampus sumbar. ga ada yang aneh sih, karena gue dasarnya emang ektivis rohis ipdn dari jatinangor. cuman disini gue lebih dapat tempat. beberapa kali ikutan jadi panitia buat kegiatan-kegiatan keagamaan kayak takbiran, kurbanan, ataupun sunatan. eh, ini siapa yang disunat?

Rohis dan rohiswati IPDN Kampus sumbar 2013

















 8. ternyata pelepasan cuti kampus sumbar lebih cepet 2 hari dari tiket pesawat gue. untungnya pihak kampus masih berbelas kasihan kepada gue dan diberi kesempatan nginep di kampus 2 hari. mungkin lembaga tahu, kalau gue ga dikasi nginep di kampus gue hanya akan kembali ke masa lalu gue pegang kaleng di perempatan lampu merah, khukhukhuu. BTW, rasanya nginep di kampus tanpa senior dan tanpa pengasuhan itu rasanya Universitas banget.

waktu dimanfaatin buat hunting oleh-oleh. gue beli banyak banget karupuak sinjai khas sumbar. semacam camilan khas sumbar dengan 11 bumbu dan rempah spesial. eh, ini sinjai atau KFC? tapi rasanya emang yummy banget. saking enaknya yang tadinya buat oleh-oleh abis juga gue makan. huehehee. ada yang mau, jangan ah, mahal, hohohoo.

maaf ya, gambarnya aja ya, maaf ya, mahal ya













nah, nyampe sini gue lupa mau cerita apa lagi.

jauh di dalam lubuk hati gue, gue ngerasa diri gue mulai berubah. temen-temen yang pernah kenal gue sebelum jadi praja juga pasti merasakan ada yang berubah dari cara pikir dan cara ngomong gue. ga selues dan ga semulus dulu. mungkin gue pernah cerita ini di postingan sebelumnya. and i know, i realize, gue paham gue ga boleh berubah. apa yang tumbuh di dalam gue waktu dulu, iBorwow, ga boleh mati gitu aja. seenggaknya, untuk sementara gue tahu dia cuma masih tidur. waiting for a moment to awake. gue pasti bisa.

udah ah, ini kayaknya makin ngelantur.
gut bai, dan, salam oplosan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar