Jumat, 23 Desember 2011

Meraih Kesialan

seminggu ini bisa jadi monyet banget bagi gue dan teman-teman sekelas gue. bad dream classmeeting

sebelumnya kenalkan dulu, gue ini termasuk warga Smada Lumajang yang berdomisili di kelas XII-A4. heran juga kenapa orang ber-iq jongkok kayak gue bisa ada ditengah orang-orang pinter. entah dimulai sejak kapan, tapi memberi nama buat kelas kayaknya udah menjadi tradisi di sekolah gue. beberapa yang pernah populer adalah Nasi Padang (XI-A4, gue lupa namanya), God Bless (XI-A7, lupa juga singkatannya), Soda Gembira (XI-S2, Sosial Dua Gembira), Inazuma (X-5, Ikatan Anak Zepuluh Lima), TNT (X-9, Teen Nine Top), Joss Tape (XI-A6, Jaringan Orang Sukses Sain Sittah Penuh Expresi, kurang lebih gitu deh namanya), Kressida (XI-A2, Kreasi Sebelas Ipa Dua), OSIS MPK (ga punya kelas, Organisasi Siswa Intra Sekolah Majelis Perwakilan Kelas, tapi kayaknya ini yang paling tua). dan segambreng nama-nama keren lain yang diambil dari primbon leluhur masing-masing, lengkap dengan jaket, kaos, mungkin besok2 akan disamain sampe ikat pinggang, celana dalam, merk pembalut, who knows?

tahun ini, kelas gue juga bikin nama yang keren abis, dialah PROVESOR. singkatan dari "Professor of Twelve Science Four". keren kan? keren dong, keren wes.. cz yang ngusulin nama itu juga orang keren. (dengan nada tidak sombong).

sayangnya, prestasi kelas ini ga sekeren namanya. terutama di classmeeting semseter 5 ini. classmeeting paling penting sepanjang sejarah per-classmeeting-an gue dan teman-teman gue. classmeeting terakhir untuk selamanya. classmeeting untuk tidak akan ada lagi classmeeting pembalasan. dan kita harus menelan pil-pil pahit yang menyedihkan. mungkin emang seharusnya sirup rasa strawberry aja ya?

gimana enggak. di classmeeting 5 hari yang dimulai hari senin, hari pertama udah dijatohin di 2 pertandingan.

yang pertama 3on3 : pertandingan bola basket yang pemainnya cuma 3, kalah 1 poin (bayangkan, cuma satu poin) dengan pemainnya Rois yang sukses jadi bulan-bulanan di lapangan. Hafid? senyumannya menghasilkan 3 tripoinball. salut buat senyummu fid.

mencoba bangkit dari kesedihan, kita beranjak ke line bola voli. babak pertama, menghajar dengah penuh semangat, babak kedua saling menghajar dengan penuh ketegangan, babak ketiga dihajar dengan penuh kesuksesan. tim bola voli kalah dalam keheningan.

sedikit ga tega juga buat tim yang bertanding di hari pertama ini. gue yakin mereka pasti mikir "ini kita maen di Arab ya?". tidak air untuk mereka minum. meski akhirnya, setelah dengan memohon wela asih ibu bendahara, kita beli satu dus aqua, eh keliru, satu dus air mineral merk Club.

hari berikutnya, tidak ada apa-apa, kecuali bazaar dan smadafun. bazaar? ya, bazaar. kegiatan wirausaha yang membutuhkan ketebalan urat malu dan rasa tega. berapa untung yang bisa diambil dari sebungkus nasi goreng? banyak! bahkan sebungkus es nutrijell bisa membuat orang kaya. harapan menang besar ada di penilaian bazaar. rekan-rekan SPG tampil maksimal. si ibor juga telah menawarkan produk2 dengan penuh birahi. rasa malu dikessampingkan, demi kepuasan pelanggan dan habis jualan. uohh.

wal hasil, dapat laba besar, secercah harapan kemenangan ada disini.

nah, di smadafun ga jauh bikin terkekeh-kekeh. perlombaan yang ada dua macam, tarik tambang yang berhasil dimenangkan 1 kali, dan gagal ketika dipaksa menarik seekor banteng yag lepas dari lapangan matador. memang ga semengerikan itu, tapi kejadiannya cukup membuat banyak korban tangan berlecet-lecetan.

smadafun satu lagi adalah estafet belut. kalian dengar itu? ESTAFET BELUT!!! entah apa yang dipikirkan oleh para panitia sehingga kita harus mengorbankan kesenangan para belut ini. kita ambil dia dari empang yang membahagiakan, taruh diember dan berakhir mati ditangan atlet lari estafet. tapi tapi tapi, provesor ternyata cukup mahir dengan megang-megang-belut, dua kali menang dan ketiganya baru kalah, mungkin belutnya ngambek dan berhenti berpihak kepada kami. oh, belut, maafkan kedzaliman ini.

Futsal, permainan yang ga begitu gue suka karna gelindiingnya bola selalu lebih cepat dari lari gue ini, memukul mundur pasukan kami di pertandingan kedua. kostum biru-hitam gagahpun mundur teratur. padahal, ketika diluar pertandingan seperti ini (latihan biasa) ke-lima-an provesor selalu tampil cantik dan gembira. tendang ke kanan, tendang ke kiri, lalalalalalal (ini dukung futsal apa ngajari anak TK nyanyi?). tapi, ya, bola memang bundar, kali ini harus kalah, kita terima saja, mungkin kalau bolanya kotak akan lain ceritanya.

praktis, harapan kami satu-satunya adalah Bazaar dan Design Kaos HUT. dan satu-satunya kontribusi yang bisa gue kasih ke kelas gue, Design Kaos HUT, ternyata juga gagal menembus pasaran. design yang gue bikin penuh cinta dan amarah. design yang gue buat bersama sehati dengan Axioo dan Photoshop (yaeyalahhhh). design yang gue bikin semanis mungkin, ampe sedkit bencong juga gue nyebutinnya. dan designya yang gue rancang ga cukup bagus buat tim penilai. patah hati gue. ini, gue tampilin aja
cantik bukan......????

Indah bukan.......?


























sekali lagi, malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih. apel siang ini semua kejuaraan diumumkan dan tidak ada sekerdus ciki-ciki ato cocolatospun kami terima. yah. begitulah nasib provesor. berakhir mengerikan dengan kompak.

banyak pihak, termasuk gue, dari sudut yang terkalahkan berkata "ah, cuma maen-maen, ga perlu diambil hati" "ga penting juga kan...." "aih, menang gitu aja bangga".

tapi tidak bisa dipungkiri, dalam setiap kompetisi, apapun bentuknya melawan siapapun, pasti ada keterlibatan emosional disana. keterlibatan dimana suporter memiliki pasukan yang canggih. keterlibatan dimana merasa berada diatas harapan para supporter. atau bayang-bayang kemenangan, dipanggil namanya untuk menerima sebungkus hadiah sederhana, yang ketika diserahkan dihadapan 900 mata manusia, menjadi hadiah yang tak terlupakan seumur hidup.

keterlibatan emosional, yang ketika tujuan tidak dapat diraih akan menimbulkan kekecewaan. mungkin tidak dalam, tapi pasti ada.

dan yang bisa kita lakukan, resapi apa yang terjadi, apa kekurangannya, apa yang perlu dipertahankan, dikesempatan yang lain, LAKUKAN YANG LEBIH BAIK.

oke, gue ngaku, pas classmeeting kemarin gue lebih sering ada di ruang OSIS, design, makan dan tidur. tidak terlalu terlibat dalam mendukung kelas seperti teman-teman yang lain. gue ga pernah sebegitu heboh di classmeeting. di otak gue : its just a game. tapi bagaimanapun, ketika nama kelas gue disebut di corongan besar yang letaknya persis dibalik ruang OSIS, yang ga mungkin gue ga denger, gue psti sempetin nengok, melihat kesiapan kelas gue, memandang jauh sambil tangan mengepal mendoakan hasil yang terbaik. dan ketika kalah, seolah ada kesedihan ga jelas terjadi. seperti gue sendiri yang baru aja kalah.

but, its still a game, competition, harus ada yang menang dan yang kalah. ketidakmemuaskan ini akan jadi cambuk buat kelas gue, MUNGKIN KITA BELUM SEPENUHNYA KOMPAK. ayo kawan-kawanku sekelas setanah-air, kita tingkatkan kekompakan kelas kita, kita buktikan kepada dunia bahwa kita bisa, kita bisa menjadi yang terbaik, kita bisa menjadi yang hebat, dan kita bisa menyelesaikan soal-soal kimia, bantulah iBor yang nista ini.

after all, you all are great guys. i'm proud of you.

eniwei, besok pembagian raport. siap2, telinga yang besar dan tebal, siapkan juga stok wajah penyesalan. agar rencana liburan tidak terkacaukan. semeru, i am coming.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar