Rabu, 14 Desember 2011

antara Alay, Lebay, Gaul dan Gue

beberapa kali komen gue di facebook kena stempel "alayisme". beberapa minggu yang lalu pas gue duduk manis mengenakan headset gedhe (you know, ala - ala DJ padahal harganya 25rb-an), gue kena cap sok cool. terakhir, hape gue kena cap "lebay" via sms, dan itu dari si "dia". ngiriss  ngiriss.

fine, it is so unconforting, udah beberapa kali gue kena stempel "alay" "lebay" "alay" "lebay" dan sedikit "gaul". sedikit risih juga ketika mengetahui mereka ga tau makna-makna yang sebenernya ataupun perbedaan yang jelas.

oke, biar ada kejelasan hukum tentang pengertian masing-masing, disini gue mncoba menjabarkan satu persatu menurut pemahaman gue. gue tulis dengan hati tenang (GUE GA EMOSI) berdasarkan hasil pengamatan yang serius terhadap fenomena-fenomena di lingkungan gue. ya, lingkungan gue udah tercemar.....

kita mulai dengan sedikit pengulasan dari yang terberat : ALAY
alay detected





















Setau gue Alay arti sebenarnya adalah Anak Layangan. tahu kan layangan, kesana kemari kebawa angin, kadang diam tanpa kata kadang juga jugnkir balik tak beraturan. inspirasi kata ini sebenernya dari kata anak kampung atau kampungan, mungkin ketika tren perdana alaysme mereka rambutnya pada merah-merah mirip anak kampung yang kepanasan habis maen layangan. kalau gue usul sih namanya agung (anak jagung) aja, sama-sama rambut merah tetapi lebih terhormat.

pada realita, sindrom alay ini mendominasi kaum cowok cowok labil. kalau di daerah kayak kita ini mudah banget menemukan mereka tercecer di pinggir-pinggir jalan.  ala - ala punk rock bemental perkedel. kalo di kota bisa didapatkan di mall-mall terdekat.

perhatikan alay alay ini, dari ujung kutu rambut ampe kuman di sol sepatunya, akan ada banyak kejanggalan ditemukan daripada cowok biasanya.
 1. rambut : gue ga ngerti kenapa seolah Andika kangen band menjadi nabi buat mereka. poni kemana-mana nutupin muka. udah kayak kaca helm SNI. bagi gue punk rock sih mendingan, rambut mereka keatas dan tegas. nah ini, rambutnya impoten. saran gue, jangan loe ribonding deh, karna nanti akan sangat susah membedakan mana alay mana bencong.
Andika, Rambut loe keren men














2. juga ga ngerti apakah mereka ini penggemar berat film animasi jepang, yang rambut mereka warnanya kompak, ga ada yang sama. merah kuning hijau di laut yang biru. udah kayak iklan permen jagoan neon juga. "emutt..... terasa warnanya". kalah ayam potong gue yang 1rban.
3. ada banyak hiasan di wajah mereka yang kekar, kuping hidung, bibir bahkan ada di lidah juga. andai kalian tahu teman-teman alayku sekalian, piercing memberikan potensi infeksi 5 kali lebih parah dari luka biasa.
4. kaos distro 20rban. sok sok bergaya emo padahal ditanya sejarah emo ga tau. mereka tidak sadar bahwa mereka itu lebih berkiblat kangen band yang berkolaborasi ama Hijau Daun daripada emo-emo yang asli. sisi baiknya, hidup mereka lebih berwarna daripada punk-rock (bandingin yang pinky-pinky, ijo2 luntur, ama yang sukanya gelap-gelap).
5. ada semacam ketidak puasan piercing di muka, mereka pun piercing di ikat pinggang (yang jujur gue ga tau ini fungsinya apa) ama di gelang. kita tunggu sampe ada trend piercing di jempol kaki.
6. skiny jeans, habis dipake pas kecelakaan dan dicuci berkali-kali. jadi wajar kalau 'penampakan' warnanya udah kusang-kusang dan banyak tembelanl disana sini.
7. dan ini yang paling miris, sandal jepit. para alay yang sadar akan menggunakan sepatu kemanapun mereka show off. tapi ya, perekonomian indonesia memang sedang sulit. tak ada sepatu, sandalpun jadi.
8. dan kalo loe teliti lebih ke dalam lagi masih ada banyak keanehan alay alay ini.
9. seolah ada agenda wajib buat yang namanya "putu putu narsis" diamanapun mereka berada. sialnya, mata gue selalu geli melihat pose mereka yang selalu sama. satu jari di depan bibir dengan pipi mengembang. di foto dari atas tangan "peace" bibir manyun, kembang mekar mulutnya ga bisa mingkem, dan berbagai gaya lain yang telah berevolusi semakin liar. mereka tuh kompak banget. bahkan gue kadang-kadang curiga kalau alay ini ada sekolah khusus pose dari semacam alay akademi atau apalah.
10. dalam pergaulannya sering bawa-bawa headset pake mp3player hape mereka. sok sok suka lagu keras padahal penggemar beratt kangen band. dan bakal jadi lupa diri kalo udah kena dangdutan koplo. ancur.
11. yang cewek doyaaaan banget ngomongin cowoknya. yang cowok doyaaaaan banget cari ribut.
12. suka ngebahas sms-sms dari pasangan masing-masing. mungkin biar dikira diperhatiin kali ya. atau yang lebih parah sok-sok ngegodain cowoknya lewat telpon ama sms didepan temen2nya. owh, dear, istighfarlah kalian sayang.
13. di facebook nama akunnya juga aneh. hanya dia dan Tuhan yang tahu maksudnya. dan kita ga bakalan bisa baca status yang sama setelah kita melewatkan setiap selang 1 menit.
14. dan yang paling bikin gue ngeri dari alay-alay ini mereka suka memamerkan boxer mereka "black id", "sakters" atau sekedar gambar tengkorak. itu belum lebih parah lagi kalau warnanya tidak PINK.

yang paling jadi tanda tanya gue tentang alay-alay ini, mereka dulu SD dimana ya? secara tulisan mereka lain daripada tulisan manusia yang lain. pola tipografinya : besar kecil, kadang ga bisa ngebedain mana huruf mana angka, bahasanya sok imut banget dan selalu mengagungkan diri sendiri.
contoh : "pr11nc35 muph1ds q1yut5 abi3z c3lalu c3t1a". mataku berdarah...

bahasa EYD mereka juga sudah berubah jadi bahasa AYD (alien yang disempurnakan). contoh :
1. Aku : Akyu, aquwh, akug, kuu, etc
2. Kamu : kmuw, qm, kamyu, etc , etc
3. Lagi : agg, lagy, agiy, etc
4. Apa : aph, appa, aphaa, apva, etc
5. Nanti : ntiy, ntii, nhantiy
6. Knapa : nphaa,naph,qnpa, etc
7. Maksud : mkcutt,maksudt,magsyut,etc
8. Masa : mshaa,msaa,mzaa,mca,mz,etc
9. Sih : cie,cy,cih,cyieh, etc
10. Siapa : saph,cpha,cpa,syph,shappa,chapa
11. Love : luv,luph,laff,laft,lup,loph,lep [?]
dsb.
 pedih mata gue ngebacanya. berdarah, berdarah.

sudah sudah, saya sedih menyaksikan fenomena ini.
mari kita beranjak yang lebih ringan sedikit.
yang temuan spesiesnya lebih awal daripada spesies alay. dia adalah :Lebay.
bukan logo perusahaan micin


















lebay maksud sebernya adalah Lebih, atau Berlebihan. Lebay ini lebih sedap didinikmatin daripada alay diatas. tidak banyak keanehan yang kita temukan.

sindrom Lebay lebih di dominasi kaum cewek. kalaupun ada kaum cowoknya, pastinya dia cantik juga. orang-orang lebay ini penampilannya ga begitu bikin perih di mata. mereka lebih terlihat sendu. kita bisa mendalami kaum lebay kalau kita udah bergaul dengan mereka.

musik yang mereka senangi lebih ke musik keras, ya, Afgan, Hijau Daun, super junior ataupun SNSD. yang smuanya gue ga ngerti lahir di planet mana.

bagi yang punya pacar lebay, kalian pasti sering mendapat perlakuan prosesif, ya, pacar kalian kan seolah GPS yang harus tahu pasti posisi kalian dimanakah dan bersama siapakah. sedikit kekeliruan bisa berakibat fatal.

amati mereka di facebook. nama akunnya emang bisa dibaca dan dimengerti tapi tidak seharusnya juga jadi sepanjang itu. misal "wisnucoolsevenfoldismpencarikebenaran yangselaluinginmembahagiakanortu danmenggapaicitacita". kadang kadang masih ada nama sampingan "wisnuitununu temankalian semuah". prisnsip utama mereka mungkin "nama adalah do'a". dan mungkin ini lebih menguntungkan mereka yang ga bisa update seumur hidup.

kaum lebay lebih tidak bisa menyikapi keadaan yang insidental. kekagetan mereka kadang tidak beralasan dan bikin suntuk pendengar setianya. misal nih, kalau mereka lupa kalau ada jadwal ulangan, reaksinya bisa hebat sekali "luh luh, gimana nih, waw, haduhhhhh, gimana nanti ualngannya, uh uh huuuuuu". aduh, gue mules.

sekarang kita ke : Gaul

yang ini lebih bermartabat. secara mau bergaya, gaul bukanlah hal yang patut disalahkan.


gambar ini mendeskripsikan semuanya





















bahasa yang dipakepun agak enak di kuping. ga bikin budeg lah. gayanya juga asyik "yo wazzaaap". english english gitu. lumayan mendukung pembelajran di sekolah.

untuk tataran warga indonesia, gaul lebih diidentikkan dengan tampilan anak-anak orang kaya dari kota. serba mahal dan canggih. sebenarnya gaul hanyalah tataran dimana kita bisa lebih berpenampilan oke dan sesuai umur dan tren. kita bisa mendefinisikan gaul yang well grown, tampilannya oke, ngomongnya enak, diterima disana sini, dan keren. ga, kalian ge perlu ngelirik gue.

jadi saudaraku sebangsa setanah becek, mari kita hindarkan diri kita dari virus-virus alay, ingat, jauhi virusnya, bukan orangnya. masa depan negara kita ada ditangan kita sendiri.


bagaimana dengan :GUE


mahluk yang satu ini memang lebih sulit ditebak. pecampuran antara alien idiot ama babi ngepot. tapi gue masih keturunan manusia. gue yakinin itu. loe mau tahu wujud asli gue? jangan deh, terahir ada yang lihat gue mandi dia koma 4 bulan.

gue sebelum bermutasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar