Selasa, 31 Desember 2013

ME, and THE CAR FOR KARES MALANG


liburan kali ini emang kayak tetet bocah. pendek, dan nyebelin. tapi sependek-pendeknya cuti aktivitas rutin tetap dijalankan. seperti maen kerumah nenek, ke sanggar pramuka, kegiatan kabupaten, hingga tradisi korp (trakorp).

trakorp ialah kegiatan rutin praja se kares malang untuk berkumpul mulai muda hingga wasana. nah, disinilah letak tetetnya tetet. yang namanya junior, ketemu senior, di acara terbuka, pasti mampus. minimalnya, pulang dari acara mereka pengen ngebuang wajah yang telah dipermalukan. yap, memang begitulah adanya, memang begitulah nasibnya, kekasih oh kekasih, jangan tinggalkan aku pergi. yaelah malah nyanyi.

trakorp tahun 2013 adalah untuk muda praja angkatan XXIV. tempatnya di kebun raya purwodadi, pasuruan. ga jelas apa yang menjadi motif sang tuan rumah, tapi kedengerannya cukup serem. acara dilaksanakan tanggal 28 - 29 desember 2013. aku senang hatikupun riang. on the way lokasi, gue dan sokab-sokab kesayangan menemui hal-hal yang kampret.

mulai dari gue ga dapat mobil buat disewa. emang sih, bakalan taon baru orang pada ngibarin bendera kemenangan liburan selama rata-rata lima hari. setelah bingung2 gue dibantu mas gue yang ikut2an gue bingungin, beruntunglah ada satu mobil milik tetangga mas gue yang mau-maunya disewain. mendengar kabar baik itu gue hepi, gue sampe lompat-lompat kegirangan. dan setelah gue tahu bahwa yang namanya mobil carry itu lebih mirip kayak angkot, gue berubah dari lompat-lompat menjadi guling-guling.

mobil yang beruntung itu dikemudikan oleh gue, valentino robi, handal dalam tikungan, irit dan bandel. (ini honda, bukan?). yap, betul, madya yang menyetir muda yang tidur. satu-satu alasan kenapa gue mau-maunya nyetirin mereka adalah karena gue sendiri yang menjerumuskan mereka naik mobil ini. men, gue ngerasa berdosa banget.

memang bukan maen ini mobil. untuk duduk aja gue butuh rada nunduk biar kepala ge kejedot atap mobil. terus, ni mobil juga sempet bikin gue pusing nyariin dimana tempat isi tengki bensinnya. yang paling bikin greget, gue ga bisa nginjek kopling dengan sopan dan bermartabat karena sepatu gue ternyata ga muat ke tempat pijakan kopling, sempit banget woy. jadilah sang mobil sering ngadat di jalanan karena over-gear. oh, sungguh andalan.

jadilah 5 jam perjalanan ke pasuruan gue mengendarai mobil carry nan berseri. serasa pengen ngupil waktu ngeliat semua penumpang tidur sambil mangap. "bisa slam dunk, nih" batin gue. niat ngupilin 7 badak liar yang lagi mangap ini gue urungkan karena gue juga ga lagi pengen ngupil.

sampe lokasi udah gelap, jam 5.30 sore, dan gue masih termasuk peserta yang awal-awal dateng. gile, ternyata carry nan berseri gue luar biasa. kenangan bersama carry nan berseri jadi tambah indah waktu perjalanan pulang. rombongan pulang jam 2 siang, dan kami kejebak macet. dan kami ngebawa wasana. dan wasana kami ngebawa temen wasana. fak. dan gue jadi ga bebas lagi kalau ngupil.

perjalanan pulang sempat dihiasi dengan kesasar. lalu kami kembali ke jalan yang benar dan ternyata jalan yang benar itu tidak asik, kawan. kejebak macet mulai pasuruan hingga pertengahan probolinggo. sepanjang perjalanan kami enjot-enjotan. and you know, baru nyampe lumajang jam 23.20, disambut dengan masih berjalanannya ibu-ibu dan bapak-bapak peserta candil (gerak jalan candipuro-lumajang).

its all about the car. tentang trakorpnya sendiri agak-agak kurang lebih berkesan dari trakorp angkatan XXIII tahun 2012 kemarin. gambarannya gini, kalo trakorp pas jaman gue masih muda praja, prosesi trakorp dilaksanakan siang hari, sorenya naek ke perhotelan bromo, malamnya masih bisa makan malam bareng dan karaokean. rada-rada nggak asik waktu kegiatan steling tengah malem, tapi its ok, karena subuhnya kami langsung berangkat ke puncak gunung bromo. amazing moment.

trakorp tahun ini terkesan kurang persiapan. ga ada forum khusus madya maen(in) bareng muda. malam kita abisin buat dekorasi dan latihan prosesi. tengah malam kegiatan cuma satu jam, dan waktu siangnya abis buat nungguin sang 'grand ambassador' yang rencananya mau melantik muda. yang akhirnya, setelah menunggu sekian lama, tetep ga dateng juga. khukhukhuu.

engga apa-apa. gue cukup bisa mengerti keadaan panitia yang memang ga punya banyak waktu buat nyiapinnya. seenggaknya di trakorp taon ini gue bisa liat wajah-wajah angkatan XXI yang belum gue lihat taon kemaren. ada semacam excited gitu kalo udah tau semua wajah senior, juga kebiasaannya. juga, wajah2 XXIII yang dahulu gundul kini mulai asri dengan rambut-rambut nan tampan. guys, you are the best after all.

akhir acara kita foto bareng. jadi sedikit unyu waktu gue inget foto bareng gue di trakorp tahun lalu. pas masih pake PDL, dan berperilaku aneh. sekarang kegantengan gue udah meningkat.

ini namanya AREMA 2012. yang belakang itu namanya gunung

AREMA 2013, tingkat kegantengan gue meningkat 45%




















































di akhir segalanya, gue berpikiri tentang bagaimana kares malang XXIV  nantinya. Gue percaya kares malang XXIII Jatinangor. tapi gue juga ga boleh lepas tangan. bagaimanapun XXIV juga junior gue, tanggung jawab gue buat ngebentuk sikap dan mental mereka. gue ga bisa berpasrah ama XXIII jatinangor dan cuma bisa berkomentar ketika XXIV bertingkah tidak semestinya. enggak, gue ga boleh kayak gitu, itu namanya sok-sok'an. gue gak mau bilang ke junior gue "mas mau kalian rasakan apa yang mas rasakan" tapi gue mau yang tertanam di junior gue adalah "mas mau kalian memahami apa yang mas pahami".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar